30 April 2011   
Home
Berita Terkini

 

::Gaya Hidup
Rias Pengantin Modifikasi makin Diminati

Denpasar (Bisnis Bali) Memiliki pakem tata rias sendiri tidak membuat rias pengantin Bali tertutup pada perubahan tren. Bersifat luwes dan menerima perubahan terutama ide kreatif dari segi aksesori, membuat rias pengantin Bali selalu terlihat modern tanpa mesti mengurangi kekhasan nilai tradisionalnya.

Owner Rudhia Salon, Spa & Prewedding, Ni Nengah Rumiani, di Denpasar, Jumat (29/4) kemarin mengatakan, selain payas agung, saat ini dikenal pula payas pengantin  modifikasi dalam rias pengantin Bali. 'Belakangan ini tata rias dan busana pengantin Bali modifikasi menjadi tren dan banyak disukai calon pengantin. Selain lebih murah dari sisi harga,'' ujarnya.

Rumiani yang akrab disapa Anix ini, mengatakan, payas pengantin agung biayanya bisa lebih dari Rp 2 juta per paket sedangkan payas pengantin modifikasi sekitar Rp 1,5 juta per paket. 'Kami sengaja menyediakan banyak pilihan untuk mememenuhi permintaan konsumen, tanpa meninggalkan pakem payas pengantin Bali. Busana yang digunakan juga dipadupadankan sedemikian rupa, hingga terlihat indah dan serasi,'' ungkapnya.       

Kata Anix, keindahan rias modifikasi sangat kuat pada payasan dan busana. Hasil akan terlihat makin bagus, jika antara busana dan payasan menyatu. 'Riasan modifikasi ini lebih ringan dan lebih modern. Di samping pilihan kreasi-kreasi terbaru tidak terbatas dengan yang lainnya saling menyesuaikan pada model, warna busana dan make up ,'' jelasnya.

Anix menambahkan, rias pengantin dari daerah lain seperti Jawa atau Sunda sedikitnya juga memberikan inspirasi dari kesamaan yang dimiliki untuk diaplikasi dalam rias pengantin Bali modifikasi ini. Jenis bahan baku aksesori yang kini disukai masih pada berbahan perak yang disepuh emas dan perak bakar.

Kecuali pada rias pengantin tradisional seperti payas agung tetap pada penggunaan aksesori bernuansa warna emas.''Payas pengantin Bali modifikasi merupakan keterampilan kreatif yang bisa menjadi bisnis menguntungkan. Terbukti omzet kami bisa lebih dari Rp 30 juta per bulan,'' tandasnya.

Hal senada diungkapkan Gusti Ayu Pusparini, salah seorang pemilik salon kecantikan lainnya. Kata dia, payas modifikasi saat ini, makin dikenal dan popular. Lanjut dia, payas pengantin modifikasi saat ini bukan hanya dipakai oleh masyarakat Bali, namun sudah banyak digunakan para wisatawan yang datang ke Bali. 'Dalam perkembangannya, seni budaya satu ini telah meluas. Namun dari sisi pakem-pakem tradisionalnya tetap ajeg,'' ungkapnya.

Kata Ayu, mengacu pada tren dan gaya rias pengantin tradisional yang dikemas lebih modern melahirkan kreasi-kreasi baru dari segi busana dan aksesori, tanpa meninggalkan pakem dari masing-masing paket rias pengantin. 'Busana yang digunakan untuk payas pengantin modifikasi ini bisa kebaya atau terbuka, tapi kreasinya tentu lebih banyak pada busana dan payasan,'' jelasnya.

Rias modifikasi pengantin Bali saat ini, kreatif tapi tetap harus mengacu pada pakem-pakem rias pengantin Bali, sehingga ciri khasnya tidak pudar. Busana yang digunakan tetap songket, prada atau endek tradisional. Tetapi kreasi warna dan motifnya lebih beragam.

Kata Ayu, ada pula yang menambahkan penggunaan jenis kain lainnya sebagai variasi. Bedanya dengan payas agung, lebih kepada pemanfaatan jenis kain juga aksesori yang lebih bisa disesuaikan dengan selera pasangan pengantin.

Misalnya, kalau payas agung umumnya menggunakan kain songket, yang dipadu dengan aksesori gelungan dan lainnya sesuai pakem yang berlaku. Namun pada payas modifikasi bisa menggunakan jenis kain bebas, seperti batik, endek, dan lainnya. 'Untuk biaya payas agung bisa mencapai Rp 1,5 sampai Rp 2 jutaan per paket sedangkan payas pengantin modifikasi hanya mencapai Rp 1,5 juta per paketnya,'' imbuhnya.

Saat ini, katanya, merupakan musim nikah sehingga cukup banyak konsumen menggunakan jasa tata rias. ''Jasa tata rias pengantin memang merupakan peluang musiman. Namun pasarnya tetap terbuka, meski para pelaku bisnis ini makin marak. Untuk memenangkan persaingan saya berusaha mengutamakan mutu menyangkut kecepatan dan kerapian, serta kelengkapan peralatan tata rias,'' tandasnya. *aya

 

  Arsip

copyright bisnisbali.com 2005 all right reserved. Designed, developed and maintained by IT Balipost