14 Desember 2009    
Home
Berita Terkini

 

Perayaan HUT Ke-21 LPD Pecatu, Wabup Sudikerta Bantu Rp 15 Juta
Badung (BisnisBali) – Dalam menginjak usia yang ke-21, LPD Pecatu bisa dikatakan sudah matang dalam mengarungi perjalanannya selama 21 tahun. Yang paling nyata, bisa dilihat tentu saja pesatnya pertumbuhan aset laba yang didapat yang tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pengurus LPD, pengawas serta krama Desa Adat Pecatu.

Demikian sambutan Bupati Badung yang dibacakan Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta pada saat peringatan HUT ke-21 LPD Pecatu yang dirangkaikan dengan pengundian berhadiah ke-7, Sabtu (12/12) di Wantilan Kesenian Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil DPRD Badung Drs. I Ketut Suiasa, Kepala Bagian Perekonomian Setkab Badung I Nyoman Predangga, Sekcam Kuta Selatan, para pejabat di lingkungan Pemkab Badung, Perbekel Pecatu serta para tokoh masyarakat Desa Pecatu.

Wabup Sudikerta dalam sambutannya mengatakan, dalam era otonomi, upaya-upaya pemberdayaan kearipan lokal dalam segala aspek kehidupan akan terus kita kembangkan. Karena itu, Pemkab Badung berharap pengelola LPD Pecatu khususnya dan umumnya di Kabupaten Badung hendaknya tetap mengemban kepercayaan yang diamanatkan oleh masyarakat.

Jajaran pengelola LPD harus tetap melakukan penyesuaian dengan dinamika perkembangan yang terjadi dalam masyarakat karena hal ini menuntut kecepatan dan ketepatan dalam proses pengambilan keputusan. Sudikerta menambahkan, di bidang pengelolaannya LPD agar dapat bersaing dengan lembaga mikro yang ada, di masa mendatang pengambilan keputusan tidak lagi berdasarkan intuisi, tetapi harus berdasarkan pertimbangan rasional yang didukung oleh data akurat. Sudikerta berharap berkenaan dengan peringatan HUT ke-21 LPD Pecatu, seiring bertambahnya usia dan apa yang telah dicapai pada tahun lalu dapat ditingkatkan di masa mendatang, kepada jajaran pengelola LPD dan masyarakat hendaknya lebih memberi prioritas bagi usaha-usaha produktif serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu Ketua LPD Pecatu I Ketut Giriarta, S.Pd., M.M. melaporkan, pada awal berdirinya LPD Pecatu 21 tahun yang lalu hanya memiliki modal Rp 4,8 juta dan pada tahun pertama mengalami kerugian hingga akhirnya pada November     tahun 2009 ini, aset LPD Pecatu sudah mencapai Rp 128,6 milyar dan laba Rp 4,08 M.

Pertumbuhan aset dan laba ini memberikan manfaat yang besar kepada krama Desa Adat Pecatu karena dari keuntungan yang diperoleh LPD selanjutnya dikembalikan kepada krama desa adat dalam bentuk dana pembangunan sebesar 20 % dan dana sosial sebesar 5 % dari laba. Giriarta menambahkan, pada kegiatan HUT ke-21 kali ini yang bertema “Mari kita tingkatkan kewirausahaan krama dengan memanfaatkan produk-produk layanan LPD Desa Adat Pecatu” selain mengadakan undian berhadiah kepada penabung, deposan, sibermas dan peminjam juga diserahkan beasiswa kepada anak berprestasi tingkat SD sekoordinator Desa Pecatu dan SLTP Ngurah Rai dengan jumlah 117 anak, bantuan kepada para penyandang cacat se-Desa Pecatu sebanyak 59 orang.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak dari RTM serta kepada para penyandang cacat, Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta memberikan dana bantuan Rp 15 juta yang diterima Ketua LPD Pecatu I Ketut Giriarta. “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan bisa memberikan motivasi kepada yang membutuhkan,” imbuhnya. *sar/*

 

  Arsip

copyright bisnisbali.com 2005 all right reserved. Designed, developed and maintained by IT Balipost