10 Februari 2009  
Home
Berita Terkini

 

Musim Hujan, Pande Besi Bangli Kesulitan Arang

Bangli (BisnisBali) - Hujan yang turun terus menerus, bukan saja menyebabkan sejumlah kawasan di Bangli dan sekitarnya mengalami longsor, namun juga mengganggu pasokan arang bagi pande besi yang ada di sejumlah lokasi di bumi bhukti mukti bhakti ini. Kuat dugaan pembuat arang tidak bisa beraktivitas lantaran hujan turun secara terus menerus.

‘’Memang hingga saat ini kami masih kesulitan untuk mendapatkan arang di sejumlah tempat,’’ ungka I Nengah Parta, seorang pande Besi asal Desa Sekardadi, Kintamani, Minggu (8/2) lalu.

Menurut Parta, untungnya dirinya masih memiliki stok arang, sehingga aktivitasnya masih bisa dilakukan. Namun jika musim hujan masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan, pihaknya tentunya akan kesulitan mendapatkan arang yang menjadi salah satu bahan baku terpenting bagi pande besi.

‘’Arang yang kami gunakan bahan bakunya dari bambu. Biasanya kami datangkan dari Desa Kayubihi,’’ jelas Parta.

Selain sulit mendapatkan arang, jika pun ada harganya telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini memang bisa dimaklumi, sebab dalam musim hujan seperti ini maka untuk menghasilkan arang para pembuatnya harus kerja ekstra keras untuk bisa menghasilkan arang yang berkualitas.

‘’Daripada kami tak bisa melakukan aktivitas, meski harga arang meningkat kita mau tak mau harus membelinya,’’ tegas Parta. *jel

 

  Arsip

copyright bisnisbali.com 2005 all right reserved. Designed, developed and maintained by IT Balipost