15 Februari 2008  
Home
Berita Terkini

 

Kerajinan Batok Kelapa,Diminati Pasar Mancanegara
Gianyar (BisnisBali) -Kerajinan bernilai seni dan ekonomi tinggi yang dibuat dari bahan baku batok kelapa, amat diminati pasar mancanegara. Terbukti permintaan produk kerajinan tersebut dari pasar mancanegara cukup tinggi.

Terutama aneka aksesori seperti ikat pinggang, gelang, kalung dan lain-lain yang mampu memikat konsumen. Permintaan kerajinan batok kelapa terbanyak untuk konsumen di Eropa dan Jepang.

‘’Aksesori seperti ikat pinggang yang dibuat dari bahan natural seperti batok kelapa ini, diminati pasar mancanegara. Pengiriman untuk konsumen luar negeri jumlahnya 4.500 pcs per bulan, untuk berbagai jenis dan ukuran,’’ terang Pamuji, perajin sekaligus pedagang aneka produk kerajinan batok kelapa yang memiliki toko seni di Sukawati, Kamis (14/2) kemarin.

Dijelaskan, aksesori berupa ikat pinggang batok kelapa selama ini paling banyak laku terjual di pasar mancanegara, termasuk untuk konsumen di dalam negeri. Ikat pinggang batok kelapa itu, memberikan keindahan tersendiri bagi pemakainya.

Terlebih dibuat dari bahan alami yang memberikan nilai tambah lebih, dengan kesan unik serta antik. Unsur natural itulah yang selama ini menjadi daya tarik utama bagi konsumen, dalam memilih aneka barang kerajinan seni.

‘’Pokoknya produk kerajinan, apakah itu berupa aksesori dan lain-lain yang dibuat dari bahan baku natural pasti permintaannya ramai oleh wisatawan mancanegara,’’ ucap Pamuji lagi, sambil menambahkan, ikat pinggang batok kelapa yang dibuatnya itu selama ini juga banyak dilirik konsumen lokal. Terutama disukai wanita remaja yang baru gede (ABG).

Sehingga pas dibawa untuk santai dan lain-lain. Terlebih lagi, nilai jualnya juga terjangkau dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per pcs tergantung model dan ukuran.

Ni Made Astiari, pedagang lainnya di pasar seni Sukawati mengakui, bila beberapa perabotan rumah tangga batok kelapa saat ini masih diminati konsumen.

Seperti piring, mangkok, gelas dan lain-lain yang indah, seni serta menarik. Harganya juga terjangkau dari Rp 2.500 sampai Rp 25.000 per pcs tergantung nama produknya. *mur
  Arsip

copyright bisnisbali.com 2005 all right reserved. Designed, developed and maintained by IT Balipost