15 September 2007  
Home
Berita Terkini

 

::Gaya Hidup
Industri Garmen Lokal Perlu Perhatian Khusus

Kuta (BisnisBali) –Permasalahan industri garmen lokal tidak henti-hentinya menyita perhataian dunia industri. Bukan hanya masalah modal, juga produksi dan kualitas yang mendominasi saat ini. Faktor pemasaran juga tidak kalah penting dalam usaha meningkatkan perkembangan bisnis ini.

Pemasaran yang belum optimal masih menjadi penghambat berkembangnya, sehingga bisnis garmen lokal membutuhkan perhatian khusus. Belum lagi produk garmen lokal yang harus bersaing dengan produk impor di pasar sendiri.

Hal ini diakui beberapa pedagang, Sarjani dan Arta, Jumat (14/9) kemarin di Kuta.‘’Meskipun industri garmen lokal banyak memproduksi berbagai jenis pakaian, pemasarannya masih belum optimal. Serbuan pakaian impor juga menjadi salah satu kendala sulitnya produk lokal berkembang dan menembus pasar,” jelas Sarjani.

Bersaing dengan produk impor yang notabene dianggap lebih bergengsi jelas menjadi masalah. Padahal kualitas dan harga bersaing tapi konsumen cenderung memilih impor.

Untuk mendapatkan beberapa jenis pakaian tertentu dengan harga dan kualitas yang diinginkan tidak jarang konsumen rela memburunya hingga ke luar negeri. Hal ini bukan karena di pasar lokal tidak tersedia produk yang dimaksud, tapi mengingat pilihannya masih terbatas atau karena ingin mendapatkan model yang berbeda.

Arta menambahkan, beragamnya kualitas maupun jenis tekstil lokal sebenarnya bisa dimanfaatkan. Mendapatkan produk yang diinginkan tentunya harus jeli memilih karena garmen lokal masih belum stabil dalam menjaga kualitas.

Di sisi lain, makin gencarnya serbuan produk garmen impor baik secara legal maupun ilegal, harusnya menjadi perhatian serius semua pihak terutama pemerintah sebagai pemegang regulasi.

Jika kemudian muncul produk TPT impor ilegal di pasaran, hal ini tidak lain dari upaya pedagang mencari peluang usaha. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlanjut yang menuntut adanya tindakan tegas dari semua pihak. *rya

  Arsip

copyright bisnisbali.com 2005 all right reserved. Designed, developed and maintained by IT Balipost